Sayyid
Prof. Dr. Muhammad ibn Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid ‘Abbas ibn Sayyid
‘Abdul ‘Aziz al-Maliki al-Hasani al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di Makkah pada tahun 1365 H.
Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah, Mekah, dimana ayah
beliau Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki sebagai guru agama di sekolah
tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki,
dekat Bab As-salam
Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki
(kelahiran Mekah th 1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di
kota Mekah. Disamping aktif dalam berdakwah baik di Masjidil Haram atau
di kota kota lainnya yang berdekatan dengan kota Mekah seperti Thoif,
Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki adalah seorang alim ulama yang pertama
kali memberikan ceramah di radio Saudi setelah salat Jumat dengan judul
“Hadist al-Jumah”. Begitu pula ayah beliau adalah seorang Qadhi yang
selalu di panggil masyarakat Mekah jika ada perayaan pernikahan.Selama
menjalankan tugas dakwah, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki selalu membawa
kedua putranya Muhammad dan Abbas. Mereka berdua selalu mendampinginya
kemana saja ia pergi dan berceramah baik di Mekah atau di luar kota
Mekah. Adapun yang meneruskan perjalanan dakwah setelah wafat beliau
adalah Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki dan Sayyid Abbas selalu
berurusan dengan kemaslahatan kehidupan ayahnya.
Sebagaimana adat para Sadah dan Asyraf
ahli Makkah, Sayyid Alwi Almaliki selalu menggunakan pakaian yang
berlainan dengan ulama yang berada di sekitarnya. Beliau selalu
mengenakan jubbah, serban (imamah) dan burdah atau rida yang biasa
digunakan dan dikenakan Asyraf Mekah.
Setelah
wafat Sayyid Alwi Almaliki, anaknya Sayyid Muhammad tampil sebagai
penerus ayahnya. Dan sebelumnya ia selalu mendapatkan sedikit kesulitan
karena ia merasa belum siap untuk menjadi pengganti ayahnya. Maka
langkah pertama yang diambil adalah ia melanjutkan studi dan ta’limnya
terlebih dahulu. Beliau berangkat ke Kairo dan Universitas al-Azhar Assyarif
merupakan pilihannya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fakultas
Hadith dan Ushuluddin beliau kembali ke Mekah untuk melanjutkan
perjalanan yang telah di tempuh sang ayah. Disamping mengajar di Masjidi
Haram di halaqah, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King
Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Mekah bagian ilmu Hadith
dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di
dua Universiatas tersebut, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri
dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap untuk membuka
majlis ta’lim dan pondok di rumah beliau.
Adapun
pelajaran yang diberikan baik di masjid haram atau di rumah beliau
tidak berpoin kepada ilmu tertentu seperti di Universitas. Akan tetapi
semua pelajaran yang diberikannya bisa di terima semua masyarakat baik
masyarakat awam atau terpelajar, semua bisa menerima dan semua bisa
mencicipi apa yang diberikan Sayyid Maliki. Maka dari itu beliau selalu
menitik-beratkan untuk membuat rumah yang lebih besar dan bisa menampung
lebih dari 500 murid per hari yang biasa dilakukan selepas sholat
Maghrib sampai Isya di rumahnya di Hay al Rashifah. Begitu pula setiap
bulan Ramadan dan hari raya beliau selalu menerima semua tamu dan
muridnya dengan tangan terbuka tanpa memilih golongan atau derajat.
Semua di sisinya sama tamu-tamu dan murid murid, semua mendapat
penghargaan yang sama dan semua mencicipi ilmu bersama-sama.
Dari
rumah beliau telah keluar ulama-ulama yang membawa panji Rasulullah ke
seluruh pelosok permukaan bumi. Di mana negara saja kita dapatkan murid
beliau, di India, Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apa lagi di Asia
yang merupakan sebagai orbit dakwah Sayyid Muhammad Almaliki, ribuan
murid murid beliau bukan hanya menjadi kyai dan ulama, akan tetapi tidak
sedikit dari murid-murid beliau yang masuk ke dalam pemerintahan.
Di
samping pengajian dan taklim yang rutin dilakukan setiap hari, beliau
telah pula berusaha mendirikan pondok yang jumlah santrinya tidak
sedikit, semua berdatangan dari seluruh penjuru dunia, belajar, makan,
dan minum tanpa di pungut biaya sepeser pun bahkan beliau memberikan
beasiswa kepada para santri sebagai uang saku. Setelah beberapa tahun
belajar para santri dipulangkan ke negara-negara mereka untuk menyiarkan
agama.
Sayid
Muhammad Almaliki dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang
tidak beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar
dengan hikmah dan mauidhah hasanah.thariqahnya.
Dalam
kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak
bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirannya. Semua yang
berlawanan diterima dengan sabar dan usaha menjawab dengan hikmah dan
menjelaskan suatu masalah dengan kenyataan dan dalil-dalil yang jitu,
bukan dengan emosi dan pertikaian yang tidak bermutu dan tak
berkesudahan. Beliau tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada
pertikaian para ulamanya dan ini memang yang diinginkan musuh Islam.
Sampai-sampai beliau menerima dengan rela digeser dari kedudukannya baik
di Universitas dan ta’lim beliau di masjidil Haram. Semua ini beliau
terima dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau selalu menghormati
orang orang yang tidak bersependapat dan sealiran dengannya, selagi
mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan Sunah.
Adapun ulama yang telah mendapat gemblengan dari Sayyid Muhammad bin
Alwi Almaliki, mereka pintar-pintar dan terpelajar. Di samping menguasai
bahasa Arab, mereka menguasai ilmu-ilmu agama yang cukup untuk
dijadikan marja’ dan referensi di negara-negara mereka. Beliau ingin
mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang
berperilaku baik dalam muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama,
terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan perasaannya.
Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar, berani dan jujur serta adil
dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran utama Sayyid Muhammad bin
Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima dan menghargai pendapat orang dan
menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau tidak searah
dengannya
Tulisan Beliau
Di
samping tugas beliau sebagai da’i, pengajar, pembibing, dosen,
penceramah dan segala bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi agama, beliau
pula seorang pujangga besar dan penulis unggul. Tidak kurang dari
seratus buku yang telah dikarangnya, semuanya beredar di seluruh dunia.
Tidak sedikit dari kitab-kitab beliau yang beredar telah diterjemahkan
kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia dll.
Sayyid
Muhammad merupakan seorang penulis prolifik dan telah menghasilkan
hampir seratus buah kitab. Beliau telah menulis dalam pelbagai topik
agama, undang-undang, sosial serta sejarah, dan kebanyakan bukunya
dianggap sebagai rujukan utama dan perintis kepada topik yang
dibicarakan dan dicadangkan sebagai buku teks di Institusi-institusi
Islam di seluruh dunia. Kita sebutkan sebahagian hasilnya dalam pelbagai
bidang:
Aqidah:
1. Mafahim Yajib an Tusahhah
2. Manhaj As-salaf fi Fahm An-Nusus
3. At-Tahzir min at-Takfir
4. Huwa Allah
5. Qul Hazihi Sabeeli
6. Sharh ‘Aqidat al-‘Awam
Tafsir:
1. Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
2. Wa Huwa bi al-Ufuq al-‘A’la
3. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
4. Hawl Khasa’is al-Quran
Hadith:
1. Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith al-Sharif
2. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3. Fadl al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4. Anwar al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik
Sirah:
1. Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam) al-Insan al-Kamil
2. Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
3. ‘Urf al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4. Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5. Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
6. Zikriyat wa Munasabat
7. Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
Usul:
1. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
2. Sharh Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3. Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah
Fiqh:
1. Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
2. Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
3. Abwab al-Faraj
4. Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
5. Al-Husun al-Mani‘ah
6. Mukhtasar Shawariq al-Anwar
Lain-lain:
1. Fi Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah Makkah)
2. Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian Berkaitan Orientalis)
3. Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
4. Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik Dawah)
5. Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6. Nizam al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7. Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan Pengalaman)
8. Kashf al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
9. Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
10. Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11. Sharaf al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12. Usul al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13. Nur al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid Abbas)
14. Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
15. Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
16. Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
Senarai
di atas merupakan antara kitab As-Sayyid Muhammad yang telah dihasilkan
dan diterbitkan. Terdapat banyak lagi kitab yang tidak disebutkan dan
juga yang belum dicetak. Kita juga tidak menyebutkan banyak penghasilan
turath yang telah dikaji, dan diterbitkan buat pertama kali, dengan nota
kaki dan komentar dari As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya,
sumbangan As-Sayyid Muhammad amat agung. Banyak hasil kerja As-Sayyid
Muhammad telah diterjemahkan ke pelbagai bahasa.
Mafahim
Yujibu an-Tusahhah (Konsep-konsep yang perlu diluruskan) adalah salah
satu kitab karya Sayyid Muhammad yang bersinar layaknya suatu kemilau
mutiara. Inilah seorang manusia yang menantang rekan-rekan senegaranya,
kaum Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka
dengan menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Untuk
keberanian intelektualnya ini, Sayyid Muhammad dikucilkan dan dituduh
sebagai “seorang yang sesat”. Beliau pun dicekal dari kedudukannya
sebagai pengajar di Haram (yaitu di Masjidil Haram, Mekah). Kitab-kitab
karya beliau dilarang, bahkan kedudukan beliau sebagai professor di Umm
ul-Qura pun dicabut. Beliau ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun,
dalam menghadapi semua hal tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak
menunjukkan kepahitan dan keluh kesah. Beliau tak pernah menggunakan
akal dan intelektualitasnya dalam amarah, melainkan menyalurkannya untuk
memperkuat orang lain dengan ilmu (pengetahuan) dan tasawwuf.
Pada
akhir hayatnya yang berkenaan dengan adanya kejadian teroris di Saudi
Arabia, beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil Haram
Syeikh Sholeh bin Abdurahman Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Mekah yang diadakan pada tg 5 sd 9 Dhul Q’idah 1424 H dengan judul “Al-qhuluw wal I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”,
di sana beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya
tentang thatarruf atau yang lebih poluler disebut ajaran yang beraliran
fundamentalis atau ekstremis. Dan dari sana beliau telah meluncurkan
sebuah buku yang sangat popular dikalangan masyarakat Saudi yang
berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang dakwah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada
tanggal 11/11/1424 H, beliau mendapat kesempatan untuk memberikan
ceramah di hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz yang isinya
beliau selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara ulama dan
menjalin persatuan dan kesatuan da’wah.
Beliau
wafat meninggalkan 6 putra, Ahmad, Abdullah, Alwi, Ali, al- Hasan dan
al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu
disini .
Beliau
wafat hari jumat tg 15 ramadhan 1425 dan dimakamkan di pemakaman
Al-Ma’la disamping kuburan istri Rasulallah Khadijah binti Khuailid ra.
Dan yang menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada
di Mekah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang
datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Mekah atau dari luar
negri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan,
semua menyaksikan janazah beliau setelah disembahyangkan di Masjidil
Haram ba’da sholat isya yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta
manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi
ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’.
Dan di hari terakhir `Aza, wakil Raja Saudi, Amir Abdullah bin Abdul
Aziz dan Amir Sultan datang ke rumah beliau untuk memberikan sambutan
belasungkawa dan mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin agama yang
tidak bisa dilupakan umat.
Semoga kita bisa meneladani beliau. Amin.
sumber: http://majlisdzikrullahpekojan.org/kisah-ulama/sayyid-muhammad-bin-alawi-al-maliki.html
baca artikel terkait lain nya
0 Response to "Biografi Sayyid Muhammad bin Alawi Almaliki (web annawawi)"
Posting Komentar