Latest Updates

NASEHAT AL-IMAM GHOZALI

NASEHAT AL-IMAM GHOZALI 


Di  suatu hari al imam ghozali bertanya pada murid murid nya.
1.''apa yang paling dekat diri kita di dunia ini"?
    murid murid beliau ada mengatakan guru,teman , orang tua,dan lain lain.imami ghozali mengatakan,ya .... memang semua jawaban kalian itu benar.tetapi yang paling dekat dengan diri kita adalah mati.
2."apa yang paling jauh diri kita di dunia"?
    murid nya ada yang mengatakan, bulan,matahari,bintang,negri cina.lalu al imam ghozali menjelaskan bahwa semua nya yang di jawab murid murid beliau adalah benar.tapi yang paling jauh yang paling benar adalah masa lalu,bagaimana pun kita,kita harus menjaga hari ini dan hari yang akan datang,dengan perbuatan baik,dan sesuai dengan anjuran syariat agama.dan jadikan alqur'an dan hadits sebagai pedoman kita,di hari ini dan yang akan datang.
3.apa yang paling besar di dunia ini?
    murid murid al imam ghozali ada yang mengatakan,matahari,bumi,dan gunung,lalu al-imam ghozali menjelaskan,bahwa yang sebenar nya, adalah nafsu kita,jangan sampai nafsu kita membawa kita ke jurang kenista'an,kecelaka'an dalam agama,yang nantinya kita bisa di jerumus kan oleh nafsu kita kejurang neraka..... na'uzubillahimin dzalik.
4.Apa yang paling berat di dunia ini?
    ada yang menjawab,kerbau,gajah,besi,baja,dll,lalu al-imam ghozali  menjelaskan,bahwa sanya,yang paling berat adalah memagang amanah,sehingga banyak dari manusia yang terjerumus masuk ke jurang neraka,karena tidak bisa memegang amanah.
5.apa yang paling ringan di dunia ini?
    jawab murid murid al-imam ghozali,ada yang mengatakn,kapas,semut,debu,dan daun daun,lalu imam ghozali menjelaskan bahwa yang paling ringan adalah meninggalkan sholat.
6.apa yang paling tajam di dunia ini?
    murid murid nya menjawab pedang,pisau. lalu al imam ghozali menjelaskan,bahwa yang paling tajam adalah lidah manusia,karena lidah manusia,bisa melukai hati seseorang yang mungkin luka itu sukar untuk di sembuhkan,luka dikarenakan pedang,mungkin masih ada obat nya,tapi luka dalam hati dikarenakan lidah manusia,kemana kita harus mencari obat nya,?...........
inilah beberapa nasehat al-imam ghozali  yang mudah mudahan bisa ada hikmah nya untuk kita semua nya

salam :

 annawawi


artikel terkait :




hal terkait

    HIKMAH DAN NASIHAT

hal terkait

    KUMPULAN BIOGRAFI

0 Response to "NASEHAT AL-IMAM GHOZALI "

Posting Komentar