Latest Updates

5 Kiat Menghadapi masalah

بسم الله الر حمن الرحيم

assalamualaikum wr.wb

Setiap manusia tak luput dengan yang nama nya masalah,dari mulai masalah ekonomi,masalah rumah tangga,dan masalah masalah yang lain yang mungkin setiap manusia terkadang tak bisa untuk menerima masalah itu sendiri,bahkan sampai lari dari suatu masalah,padahal masalah adalah sesuatu yang sudah pasti ada pada diri setiap manusia,baik muda,tua,kaya,dan miskin,dan tidak bisa kita hindari,justru harus di hadapi. 
Dalam postingan kali ini ana akan berbagi tips bagaimana cara kiat mudah menghadapi masalah yang ana ambil dari beberapa sumber yang mudah mudahan bermanfa'at.
dan inilah 5 kiat menghadapi masalah:

1. Siap

Dalam berbagaimanapun kita harus semestinya siap dalam menghadapi masalah yang akan datang,dengan kita siap,kita bisa meringankan beban masalah yang datang secara tiba tiba.

2. Ridho 

Apa itu ridho?
Pengertian Ridho,ridha berasal dari bahasa arab ( ridoowaridwaan-yardo-rodiya) yang telah terserap ke dalam bahasa indonesia dan dalam kamus besar bahasa indonesia, kata tersebut diartikan: rela, suka, senang hati. nah......Setelah kita siap,kita harus ridho ketika masalah itu datang,mau bagaimana lagi coba? jika kita tidak ridho pun toh masalah itu sudah datang. jadi percuma kita marah marah,ngambek,banting sana banting sini loh toh masalah itu tidak akan selesai dengan marah marah dan ngambek,justru malah sebaliknya,semakin memperparah suasana.

3. Jangan terlalu berlebihan ketika masalah itu datang.( santai saja)

Nah.... setelah kita ridho dengan masalah yang kita hadapi,selanjutnya hadapi masalah itu dengan tenang,jangan berlebihan,karena dengan tenang,cara berfikirpun akan lebih jernih dan insya allah akan bisa lebih mudah menemukan jalan keluar dari masalah itu sendiri.

4. Taqorub ila llah ( beribadah kepada allah/dekatkan diri kepada allah)

Ini adalah  yang sangat paling penting bagi kita ketika menghadapi masalah.dimana allah adalah tuhan kita maka dekatkanlah diri kita kepada allah ketika masalah itu datang,dengan sholat,zikir,membaca al-Qur'an dan ibadah ibadah lain nya,,,,,insya allah dengan kita mendekatkan diri kita kepada allah,allah akan mempermudah jalan keluar dari berbagai masalah hidup.

5. Tawakal Kepada allah

Tawakal (bahasa Arab: توكُل‎) atau tawakkul berarti mewakilkan atau menyerahkan. Dalam agama Islam, tawakal berarti berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan.
Imam al-Ghazali merumuskan definisi tawakkal sebagai berikut, "Tawakkal ialah menyandarkan kepada Allah swt tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepadaNya dalam waktu kesukaran, teguh hati tatkala ditimpa bencana disertai jiwa yang tenang dan hati yang tenteram.
Menurut Abu Zakaria Ansari, tawakkal ialah "keteguhan hati dalam menyerahkan urusan kepada orang lain". Sifat yang demikian itu terjadi sesudah timbul rasa percaya kepada orang yang diserahi urusan tadi. Artinya, ia betul-betul mempunyai sifat amanah (tepercaya) terhadap apa yang diamanatkan dan ia dapat memberikan rasa aman terhadap orang yang memberikan amanat tersebut.
Tawakkal adalah suatu sikap mental seorang yang merupakan hasil dari keyakinannya yang bulat kepada Allah, karena di dalam tauhid ia diajari agar meyakini bahwa hanya Allah yang menciptakan segala-galanya, pengetahuanNya Maha Luas, Dia yang menguasai dan mengatur alam semesta ini. Keyakinan inilah yang mendorongnya untuk menyerahkan segala persoalannya kepada Allah. Hatinya tenang dan tenteram serta tidak ada rasa curiga, karena Allah Maha Tahu dan Maha Bijaksana.



0 Response to "5 Kiat Menghadapi masalah"

Posting Komentar