Latest Updates

CURHAT


Masalah sudah menjadi bagian dari hidup manusia, walaupun kadang tidak selalu berbanding lurus dengan usia masalah akan bersifat kompleks seiring dengan perkembangan manusia. Masalah akan ditanggapi berbeda oleh setiap orang, yah itulah uniknya satu masalah yang sama menjadi berbeda tindakan dan antisipasi oleh masing-masing orang. Beberapa masalah yang menyangkut ekonomi ada yang ditanggapi dengan “ekstrim” misalnya dengan mengakhiri hidup, dengan masalah ekonomi yang sama ada orang yang malah semakin gigih memperjuangkan hidupnya sehingga mencapai kesuksesan.
Remaja menjadi masa dimana orang mulai bertumbuh dan kenal dengan yang namanya MASALAH, asmara menjadi hal yang klasik diperbincangkan  dan sering dianggap masalah. Well, kalau sudah urusan asmara ujung-ujungnya galau, galau pun dibuat levelnya. Untuk tingkat tinggi seperti perselingkuhan banyak yang melakukan pelarian dengan merokok, minum, klubbing, dan lainnya. Memang ada juga yang menanggapinya dengan berdoa, bekerja dan segala yang positif.
Secara pribadi, saya lebih suka menanggapi masalah dengan curahan hati (curhat). Curhat menjadi penting karena dalam curhat kita punya kesempatan untuk berbagi dengan orang lain tentang segala hal yang memang harus dibagikan dan tidak disimpan sendiri. Selain itu, orang yang menjadi tempat kita curhat dapat belajar dari pengalaman kita tanpa harus mengalami kejadian yang sama. Berbagi dengan curhat membuat kita lebih lega dan lebih terbuka menerima energi positif dan dapat memperat ikatan emosional.
Sering kali yang membuat orang menjadi enggan curhat adalah kredibilitas tempat kita curhat, tidak semua teman, pacar bahkan orangtua bisa menjadi pendengar yang baik bagi kita, dan tidak semua bisa menjaga rahasia dari curhat kita, tapi inilah tantangan kita untuk bisa sungguh menemukan tempat untuk berbagi suka dan duka. Tidak semua orang bisa menanggapi semua masalah dengan tepat. Saya pun selektif siapa saja yang cocok menjadi teman curhat saya, bisa saja satu orang hanya cocok untuk menanggapi masalah asmara tapi tidak cocok untuk masalah pelajaran.
Banyak pemaparan para ahli psikologi yang menyatakan pentingnya untuk curhat atau sekedarnya berbagi pengalaman. Mereka juga menjelaskan bagaimana bahayanya memendam masalah pribadi yang bisa menimbulkan depresi sampai bunuh diri. Mari kita tingkatkan kualitas hidup kita, salah satunya dengan curhat, karena masalahku bisa jadi inspirasi bagi orang lain.